Biz&Tech : Indonesia Akan Daftarkan 1.106 Pulau ke PBB

Jannet 07.29
 Indonesia Akan Daftarkan 1.106 Pulau ke PBB
Penguasaan pulau oleh perusahaan atau perseorangan maksimal 70 persen. Sisanya dikuasai oleh negara.

VINDRY FLORENTIN|ANTARA

serta untuk kelancaran penyediaan BBM diharapkan dari Pertamina. serta untuk transportasi diharapkan dari PT Pelni (Persero) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), diharapkan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan PT Perikanan Nusantara (Perinus), Dia mencontohkan untuk industri perikanan,

Brahmantya mengemukakan pihaknya mengharapkan sejumlah pihak juga bisa turut membantu mengembangkannya. Terkait pengembangan pulau-pulau kecil dan terluar,

seperti Pulau Bidadari yang dahulunya disebut Pulau Sakit. Sejumlah pulau seperti di gugusan Kepulauan Seribu memang ada yang berubah nama,

10 Januari 2017. Selasa, "Harapannya negaralah yang memberi nama pulau-pulau," kata Brahmantya Satyamurti Poerwadi di Jakarta,

Sebelumnya Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengharapkan negara dapat memberikan nama kepada seluruh pulau di wilayah perairan Republik Indonesia.

Tujuan lainnya ialah memastikan pulau tersebut tidak digunakan untuk kegiatan kriminal mulai dari illegal logging sampai penyelundupan narkotik. Susi mengatakan setiap pulau memiliki keunikan sendiri. Penataan pulau juga diharapkan bisa mencegah pemusnahan lingkungan atau budaya tertentu.

sama dengan bertambahnya kekayaan negara. Penambahan aset, pulau-pulau tersebut juga bisa dihitung sebagai aset negara. Dengan penataan, Susi menambahkan penataan tersebut untuk memastikan kedaulatan negara terjaga.

30 persen di antaranya harus dialokasikan untuk wilayah hijau atau wilayah publik. Dari 70 persen kepemilikan swasta tersebut, Sisanya dikuasai oleh negara. Penguasaan pulau oleh perusahaan atau perseorangan maksimal 70 persen.

"Sesegera mungkin agar tidak ada kemungkinan pulau tersebut dikuasai asing atau perorangan," ucap Susi. Pemerintah juga sedang menyiapkan Hak Pakai Lahan (HPL) atas 111 pulau terluar.

17 Januari 2017. Selasa, "Kami harapkan presiden bisa mendaftarkan dan memberi nama untuk pulau tersebut," kata Susi di kantornya, Seluruh pulau tersebut masih belum diberi nama. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan Indonesia akan mendaftarkan 1.106 pulau ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penataan juga difokuskan di pulau terluar.
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menata pulau-pulau kecil di Indonesia. TEMPO.CO,


Source: Tempo.co

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.