Biz&Tech : Melihat Cara Membuat Mobil Secara Manual di Museum Toyota Jepang

Jannet 20.28
Melihat Cara Membuat Mobil Secara Manual di Museum Toyota Jepang
Replika Mobil pertama Toyota, Toyoda Model AA dipajangkan di lantai pertama museum Toyota, Sabtu (11/2/2017). (Kompas.com/ Farid Assifa)

museum Toyota menyediakan fasilitas kantin dengan aneka makanan khas Jepang. jika pengunjung lapar, Sementara itu,

penjelasan tentang benda di museum juga bisa didapatkan melalui audio visual yang tersedia. Selain dari pemandu, Para pemandu pun sangat ramah dan siap menjelaskan setiap benda yang dipamerkan di museum tersebut.

kecuali beberapa kain hasil tenun untuk menunjukkan kelembutan hasil produksi. Setiap pengunjung dilarang menyentuh benda-benda museum, rapi dan nyaman. Kondisi museum sangat bersih,

Akses dari lantai satu ke lantai dua dengan menggunakan elevator.

dipamerkan mobil-mobil dari tahun 1950-an hingga sekarang. Sementara di lantai tiga, pengunjung bisa melihat mobil-mobil Eropa klasik hingga mobil produksi Jepang tahun 1950-an. Lalu menuju lantai dua,

dipajang di lantai pertama ruang tambahan. Toyoda Model AA, Replika mobil pertama produksi Toyota, Di lantai pertama juga disediakan ruang pamer alat-alat menenun dan produksi mobil.

pelajar SD 400 yen atau Rp 47.000 dan anak TK gratis. siswa SMP/SMA 600 yen atau Rp 70.000 per orang, orang lanjut usia (manula) 500 yen atau Rp 58.000 per orang, Untuk orang dewasa adalah 1.000 yen atau sekitar Rp 117.000 per orang, Harga tiket tergantung usia.

Pengunjung membeli karcis museum melalui mesin tiket yang disediakan dua unit.  Lantai pertama adalah pintu masuk dan pembelian tiket.

Setiap lantai dibagi beberapa zona.  Museum Toyota memiliki bangunan lonjong dengan tiga lantai.

Melihat Cara Membuat Mobil Secara Manual di Museum Toyota Jepang
Patung pekerja sedang menempa besi untuk menutupi bodi mobil yang terbuat dari bahan kayu di museum Toyota, Jepang, Sabtu (11/2/2017). (Kompas.com/ Farid Assifa)

Fasilitas

baik turis domestik maupun internasional," kata Ako mengutip informasi dari pengelola museum. "Per tahun museum ini dikunjungi sekitar 92.000 orang,

rata-rata per hari sekitar 250 orang. Museum ini setiap hari dikunjungi banyak pengunjung,

Biasanya pada perayaan ulang tahun museum," kata seorang pemandu museum. "Mobil replika ini sama persis dengan aslinya dan bisa dijalankan.

yakni pada perayaan ulang tahun museum. mobil tersebut bisa dijalankan pada hari tertentu, Kendati model replika,

Sedangkan mobil yang asli disimpan di museum Inggris. Hanya saja mobil tersebut hanya replika. pun ikut ditampilkan. Toyoda Model AA yang dibuat pada tahun 1936, Mobil pertama Toyota,

Di ruang otomotif ini juga ditampilkan replika mobil dari seluruh dunia yang menunjukkan kemajuan teknologi otomotif dari kendaraan tenaga bensin pertama hingga mobil-mobil modern.

diperlihatkan juga alat cetak sederhana blok mesin untuk mobil pertama Toyota. Selain itu,

Tampak patung beberapa pekerja sedang menempa besi untuk menutup kerangka mobil yang terbuat dari kayu. pembuatan mobil dengan tangan. Misalnya,

perakitan dan pengecatan) hingga dengan menggunakan mesin robot. Pengunjung diperlihatkan teknologi manual membuat mobil (pembuatan bahan, Demikian pula dengan alat pembuatan mobil.

Melihat Cara Membuat Mobil Secara Manual di Museum Toyota Jepang
Seorang pemandu sedang menunjukkan cara pengoperasian mesin tenun dari kayu di museum Toyota, Prefektur Aichi, Jepang, Sabtu (11/2/2107). (Kompas.com/ Farid Assifa)

Alat-alat ini dioperasikan oleh masing-masing perempuan pemandu. pengunjung bisa melihat cara menenun dengan alat berbahan kayu dan mesin otomatis. menenun kain, Misalnya,

Setiap pengunjung akan diperlihatkan cara pemintalan tenun dan pembuatan mobil dengan menggunakan alat sederhana hingga canggih. 

Museum Toyota yang dibuka pada tahun 1989 saat perayaan ke-50 Perusahaan Toyota Motor ini menampilkan sejarah teknologi pemintalan tenun dan pembuatan mobil.

tempat kami menginap. Museum ini tak jauh dari Hotel Richmond, Prefektur Aichi. Kota Nagakute, Museum ini berlokasi di dekat markas besar Toyota di Yokomichi,

sempat mengunjungi ketiga tempat tersebut bersama sejumlah jurnalis dan blogger yang dipandu Ako dari Japan National Tourism Organization pada Sabtu (11/2/2017).  Farid Assifa, Wartawan Kompas.com, Salah satunya adalah museum Toyota.

KOMPAS.com - Banyak destinasi wisata menarik yang jangan sampai Anda lewatkan ketika mengunjungi Jepang. JEPANG,


Source: Kompas.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.