Biz&Tech : Terlama hingga Tersingkat 9 Presdir PT Freeport Indonesia,

Jannet 03.48
 9 Presdir PT Freeport Indonesia, Terlama hingga Tersingkat
Chappy Hakim menjadi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia paling singkat dalam sejarah perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu.

dan DPR.ANGELINA ANJAR SAWITRI| DH | SUMBER: TEMPO DIOLAH BERBAGAI SUMBER Komisi VII, Fraksi Partai Hanura menuntut Chappy dan PT Freeport Indonesia meminta maaf secara terbuka kepada Mukhtar, Mukhtar mengaku telah diperlakukan secara kasar oleh Chappy seusai rapat dengar pendapat pada 9 Februari 2017. Pengunduran diri Chappy terjadi tak lama setelah ia berseteru dengan anggota Komisi Energi Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Hanura Mukhtar Tompo. dan Komandan Jenderal Akademi TNI sejak 2000. Gubernur Akademi Angkatan Udara (1997), Direktur Operasi dan Latihan TNI AU (1996), Chappy pernah menjabat Komandan Skuadron 31 Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma (1989), Sebelum menduduki jabatan KSAU, Menjabat Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) periode 2002-2005 dibawah era kepemimpinnan Presiden Megawati Sukarnoputri dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1971. Chappy memulai kariernya sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Udara.

Chappy Hakim: 20 November 2016-18 Februari 2017 (3 bulan)  9.

Maroef mengundurkan diri pada 18 Januari 2016. Karena skandal ini, kasus dinyatakan selesai. Belakangan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said melaporkan Setya ke Mahkamah Kehormatan Dewan. Riza Chalid itu muncul dugaan pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden terkait renegosiasi kontrak PT Freeport Indonesia. dan pengusaha minyak M. Ketua DPR Setya Novanto, rekaman percakapan antara Maroef, Kasus yang paling mencuat adalah terbongkarnya skandal "Papa Minta Saham", Saat menjadi Presdir banyak sekali masalah di Freeport. adik kandung dari Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin ini pernah menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen Negara periode 2012-2014. Sebelum menjadi Presdir PT Freeport Indonesia pada 7 Januari 2015, ia adalah purnawirawan TNI AU berpangkat Marsekal Muda.

Maroef Sjamsoeddin: 2015-2016 (1) 8.

dengan jabatan terakhir Direktur Jenderal Pertambangan Umum (1998-1999). Ia pejabat karier di Departemen Energi dan Pertambangan, Rozik adalah Mantan Komisaris PT Freeport. Sebelum menjadi Presdir Freeport, Ia adalah mantan Menteri Negara Pekerjaan Umum pada Kabinet Persatuan Nasional Pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid(1999-2000).

Rozik Boedioro Soetjipto: 2012-2015 (3) 7.

Armando pada September 2014 pernah diperiksa KPK sebagai saksi untuk tersangka Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua 2008-2011 Jannes Johan Karubaba dalam kasus dugaan korupsi pengadaan desain Pembangkit Listrik Tenaga Air di Sungai Mamberamo 2009-2010.
dan akhirnya menjadi Presdir dan CEO PT Freeport Indonesia. lantas menjadi Deputi Presdir, kemudian Executive Vice President dan General Manager PT Freeport Indonesia, lalu menjadi Vice President Grasberg Mine Service, yakni dimulai sebagai Manager Grasberg Tambang Terbuka, Armando Mahler: 2006-2012 (6)
Ia merupakan salah satu Presiden Direktur PT Freeport yang meniti karier dari bawah, 6.

dia menjadi Penasehat Senior Presiden Direktur PT Freeport Indonesia. Selain itu, Adrianto pensiun namun masih menjabat Presiden Direktur Atlantic Copper yang masih terafiliasi dengan PT Freeport-McMoran Copper and Gold. Setelah 10 tahun menjabat, Pergantian Hoed oleh Adrianto ini pasca meletusnya kerusuhan di Tembagapura dan Timika pada 1996. Ia adalah wakilnya Hoediatmo Hoed.

Adrianto Machribie: 1996-2006: (10) 5.

Kontrak Karya II yang disebut banyak kalangan tidak transparan dan tertutupmitu menetapkan PT Freeport beroperasi selama 30 tahun dan dapat diperpanjang lagi 2x10 tahun. Ginandjar Kartasasmita merupakan wakil pemerintah Indonesia karena menjabat Menteri Pertambangan dan Energi. Saat itu, 30 Desember 1991 (Kontrak Karya I berakhir). penandatangan Kontrak Karya II dilakukan, Pada masa jabatannya, Lima tahun kemudian ia diganti namun Hoed menjabat komisaris PT Freeport Indonesia. Ia dikenal sebagai ekonom dan profesional.

Hoediatmo Hoed: 1991-1996 (5) 4.

Usman merupakan pendiri Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI).
Usman menjabat Wakil Direktur Utama PT Freeport Indonesia. Sebelum menggantikan Ali Budiarjo, Usman Pamuntjak: 1986-1991 (5)
  Ia adalah ahli pertambangan yang meraih gelar insiyur pertambangan dari Insitut Teknologi Bandung pada 1962. 3.

guru besar ilmu politik di FISIP Uiniversitas Indonesia. Ali adalah suami Profesor Miriam Budiardjo, Wilson sebagai Presiden Direktur. Empat tahun kemudian mengambil alih jabatan Forbes K. Ali memperoleh tawaran menjadi Vice President dan Director karena dianggap berjasa pada Freeport mendapatkan Kontrak Karya yang ditandatangani pada 5 April 1969. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Pertahanan dan Direktur Pembangunan Nasional. Menjadi orang Indonesia pertama yang menduduki jabatan tertinggi di PT Freeport Indonesia.

Ali Budiarjo: 1973-1986 (13) 2.

Freeport menjadi perusahaan yang pertama yang mendapatkan Kontrak Karya dengan masa 30 tahun. Berkat bantuan Ali, Freepot menyewa pengacara Ali Budiarjo dari biro konsultan hukum Ali Budiardjo & Associates. Selain itu, Freeport memproses perizinan dengan bantuan Julius Tahija yang berperan sebagai perantara. Freeport masih membutuhkan izin dan kepastian investasi. Namun, Freeport Sulphur langsung menggandeng East Borneo untuk mengeksplorasi Irian Barat pada 1 Feb 1960. Penjelajahan Wilson dan tim berhasil memastikan cadangan bahan tambang berharga di Erstberg pada masa awal itu sebesar 33 juta ton bijih besi dengan kandungan tembaga 2,5 persen. Wilson tertarik hingga membentuk tim ekspedisi. Irian Barat. Wilson bertemu Direktur East Borneo Company Jan van Gruisen dan mendapat ceritakan soal penelitian Jean Jaques Dozy pada 1936 di Mountain Ersberg (Gunung Tembaga), Saat masih menjabat Direktur Freeport Sulphur,

Wilson: 1960-1973 (13 tahun) Forbes K. 1.

Berikut ini daftar para presiden direktur PT Freeport Indonesia.

"Saya menaruh hormat pada perusahaan dan anggota-anggota timnya yang berbakat." Chappy menyatakan bahwa menjabat sebagai Presiden Direktur Freeport Indonesia adalah suatu kehormatan. Chappy akan kembali ke posisi semula sebagai penasehat senior perusahaan. Seperti dikutip dari keterangan tertulis Freeport, 18 Februari 2017. diumumkan PT Freeport Indonesia pada Sabtu, Pengunduran diri Chappy,

Mengemban jabatan itu seumur jagung menjadikan Chappy sebagai Presdir tersingkat dalam sejarah perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu. Chappy Hakim hanya menjabat selama tiga bulan. Jakarta - Sejak diangkat sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia pada 20 November 2016, TEMPO.CO,


Source: Tempo.co

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.