Sedangkan KFC hanya punya valuasi sekitar 12,3 miliar dolar. yakni sekitar 88,6 miliar dolar. McD pun jauh lebih besar, Secara valuasi perusahaan, Sedangkan KFC hanya sekitar 19 ribu gerai. Mereka punya sekitar 36 ribu gerai di seluruh dunia. Mereka menjadi restoran waralaba terbesar di dunia. McD tampak bisa berbicara lebih banyak. Namun di tingkat global,
dan pertumbuhan laba sebesar 55 persen ketimbang periode sama tahun 2015. mereka mencatat kenaikan pendapatan 11 persen, Hingga semester I-2016, restoran yang hak waralabanya dipegang oleh Fastfood Indonesia ini mendapatkan pemasukan sekitar Rp4,47 triliun. Pada 2015 saja, wajar kalau pendapatan KFC selalu besar. Dengan popularitas besar di kalangan konsumen cepat saji Indonesia,
atau Carl's Jr. Wendy's, seperti Burger King, McD juga tak bisa berlena-lena di pasar burger karena ada banyak pesaing yang punya nama besar, Namun di sisi lain, KFC di Indonesia nyaris tak punya pesaing berat. untuk pasar ayam goreng, Bisa dibilang, terutama untuk berbagai jenis kudapan. Sedangkan keunggulan lain McD adalah soal harga yang kerap dianggap lebih murah, Ayam goreng buatan mereka memang cenderung lebih besar. Perbedaan ukuran juga menjadi keunggulan KFC. juga es krim. Sedangkan konsumen McD kebanyakan datang untuk makan burger dan aneka jenis wrap, pasti datang ke sana untuk makan ayam gorengnya. Sebagian besar yang memilih KFC,
tapi sekaligus bisa memberikan gambaran kasar di menu apa mereka unggul. Alasannya beragam, Sisanya baru McD. sekitar 70 persen memilih KFC. Hasilnya, membuat polling sederhana dengan dua pilihan. seorang pengguna Kaskus dengan akun bernama Verdhanaalva, Pada 2014, Kaskus. Rivalitas antara dua resto populer ini juga pernah dibuatkan polling di situs populer anak muda,
diikuti Hoka-Hoka Bento yang mendapat 10 persen. Sedangkan McD hanya mendapat angka 20,5 persen, Sekitar 46 persen menjawab KFC. Pertanyaan lain: restoran cepat saji mana yang paling sering dikunjungi? KFC jauh lebih dikenal ketimbang pesaingnya. Ini membuktikan kalau di kalangan top of mind orang Indonesia, Diikuti oleh 27 persen yang menyebutkan McD. Sekitar 55 persen menyebut KFC. semisal: coba sebutkan restoran cepat saji yang kamu tahu. Kemudian responden Indonesia diberi pertanyaan,
baru memiliki sekitar 168 gerai. hingga Februari 2016, Sedangkan McD, Hingga 2015 KFC punya 540 gerai. Pertama dari segi jumlah gerai. terlihat kalau KFC amat berjaya di Indonesia. Dari sana, dan Thailand. Vietnam, lembaga riset W & S Market Research mengadakan survei tentang popularitas restoran fast food di tiga negara: Indonesia, Beberapa waktu lalu,
Tunggu dulu. Tapi apakah kemudian McD bisa menggeser popularitas KFC? sekitar 60 persen produk di McD Malaysia berbasis ayam. Sekarang, Resto ini pertama kali dibuka di Malaysia pada 1982. pertama kali diperkenalkan di Malaysia. menurut penuturan penulis Sharmila Nair, Sebelumnya menu ayam di McD, Mereka kemudian membuat menu ayam goreng yang galibnya dikombinasikan dengan nasi. McD tentu harus putar otak. negara yang sebelumnya nyaris tak pernah mengenal burger, Namun di Indonesia,
menu ayam dianggap langka di gerai McD luar Asia. Hingga sekarang, atau artisan grilled chicken. semisal di snack wrap, Daging ayam lalu dipakai untuk isian di berbagai jenis menu, membuat McD tetap mengandalkan produk burgernya. "…ayam goreng yang rasanya mendekati ayam goreng buatan ibumu." Tapi kemudian penjualan menurun, yang dipromosikan sebagai, diiklankan besar-besaran, McD mengenalkan produk ayam goreng, Setidaknya pada 1968, Memang menu daging ayam sudah muncul sejak lama. McD internasional memakai daging ayam bukan sebagai produk utama. Namun berbeda dengan KFC yang menjadikan ayam sebagai tulang punggung menu, Mereka juga punya menu ayam. Resto cepat saji yang juga berasal dari Amerika Serikat ini pertama kali hadir di Indonesia pada 1991. Ini yang selalu sukar dilawan rivalnya di Indonesia: McDonald's.
tak perlu perkenalan atau adaptasi lidah terhadap menu-menu KFC. Karena itu, ini jelas bukan rasa yang asing di lidah warga Indonesia. Dikombinasikan dengan nasi, KFC mudah disukai di Indonesia karena memajang menu ayam.
Tahun 2016 diperkirakan ada tambahan 40 gerai lagi. KFC mempunyai sekitar 540 gerai di seluruh Indonesia. Hingga 2015, Tak butuh waktu lama untuk resto ini membuka gerai-gerai baru. membuka restoran KFC pertama di Indonesia. PT Fastfood Indonesia yang merupakan anak usaha Gelael, Pada 1979, maka resto cepat saji seperti KFC dengan mudah disukai di sini. termasuk ayam goreng tepung, Karena masakan ayam yang tak asing bagi orang Indonesia,
ayam menjadi pilihan protein yang lebih terjangkau harganya. Sejak saat itu, daging ayam di Indonesia menjadi lebih murah dan makin banyak dikonsumsi saat diternakkan dalam skala gigantis pada abad 20-an. sama seperti di belahan dunia manapun, Dan tentu saja, seperti ditulis di kitab Nagarakretagama. ayam sudah dipakai untuk sesaji kepada para dewa sejak kerajaan Jawa kuno, pakar Jawa Kuno, Dalam wawancara Joss Wibisono dengan Hedi Hinzler, yang memang sudah mengenal ikatan batin panjang dengan ayam. Begitu pula di Indonesia,
Ayam itu kemudian menyebar ke Eropa dan seluruh dunia sekitar 3000 SM. China. sebuah area purbakala yang sekarang dikenal sebagai sebagian dari Nanjiang, ayam yang sekarang kita makan itu berasal dari Tarim Basin, Dalam buku The Cambridge History of Food, dan sudah ada sejak sekitar 6000 SM. ayam yang sudah diternakkan itu berasal dari dataran China, Salah satu argumen arkeologi tertua yang pernah diungkapkan West dan Zhou (1988), tirto.id - Salah satu jenis daging yang sudah ribuan tahun hadir dalam khazanah kuliner dunia adalah daging ayam.
Source: tirto.id
EmoticonEmoticon
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.