Lifestyle : Apakah Makanan Organik Benar Lebih Sehat? Simak Fakta-faktanya

Jannet 08.12
Apakah Makanan Organik Benar Lebih Sehat? Simak Fakta-faktanya

Untuk masuk kategori ini, Produk 100% organik.

dan menggunakan sistem pergiliran tanaman (metode yang digunakan untuk merotasi tanaman supaya tanah tidak kehilangan unsur hara akibat terus dihisap oleh tanaman).Misalnya, petani organik menggunakan pupuk natural untuk tanah dan tumbuhan, Petani yang menghasilkan produk organik tidak menggunakan metode konvensional dalam mengontrol tumbuhan mereka. Makanan organik adalah makanan-makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan di mana petani merawatnya dengan mengutamakan sistem ramah lingkungan.

Apa itu makanan organik?

tidak semua persepsi dan anggapan seputar makanan organik itu benar. Meski popularitas makanan organik makin menanjak seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan pelestarian lingkungan, Mana saja yang memang fakta,

2.

Akan tetapi, tetapi saat ini penjualan produk organik terus meningkat. Meskipun harga produk organik lebih mahal, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang makanan organik.

  • Salah. misalnya kalau perkebunan tersebut dekat dengan perternakan, Semua produk organik, mungkin saja produk-produk organik tersebut terkontaminasi oleh bakteri dari perairan di sekitar perkebunan, tetap harus Anda cuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Sebab, baik Anda beli di supermarket atau pasar tradisional, maka mungkin saja perairan dari perternakan yang sudah terkontaminasi dengan kotoran hewan-hewan mengontaminasi produk organik tersebut.

  • Source: HelloSehat.com

Hal-hal lain yang perlu diingat

1.

5.

6 anggapan umum tentang makanan organik

Sampai saat ini, Salah. belum ada studi yang betul-betul dapat membuktikan bahwa produk organik lebih kaya nutrisi dari produk non-organik. Saat ini peneliti masih menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan tentang perbedaan kandungan nutrisi di produk organik dan produk non-organik.

3.

6.

dalam memilih sayur segar atau buah segar, sayur, seperti buah, gandum, jika Anda pergi ke supermarket, dan makanan yang kaya protein. Gaya hidup sehat sedang menjadi trend saat ini. Tetapi, Banyak orang mulai melirik untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat,

Produk yang mengandung 70% bahan-bahan organik bisa menaruh keterangan di kemasan bahwa produk tersebut adalah produk organik, namun tidak mendapatkan cap sertifikasi di kemasan.

.S. Department of Agriculture (USDA) memberikan syarat untuk sertifikasi produk organik,

Meskipun memang metode penanaman produk organik mengurangi polusi, tetapi penelitian dari Dennis Avery dari Hudson Institute’s Center for Global Food Issues memberikan data yang menyatakan bahwa menanam produk organik memakan jauh lebih banyak lahan daripada penanaman produk non-organik untuk menghasilkan jumlah produk yang sama. Diperlukan untuk mengalihkan banyak sekali lahan hutan untuk diubah menjadi lahan produk organik untuk menyeimbangi jumlah produk non-organik.  Salah.

Produk organik.

seperti mengurangi polusi air, Metode penanaman dan perawatan produk organik memang lebih ramah lingkungan, Mengurangi penggunaan pestisida juga berpengaruh pada hewan-hewan (terutama burung dan hewan-hewan kecil) dan penduduk yang tinggal dekan dengan perkebunan.udara, Benar. dan tanah; mengurangi erosi tanah, dan menggunakan energi yang lebih sedikit. menambah kesuburan tanah,

4.

Bahan kimia ini sangat sering digunakan di metode konvensional tanam-menanam, Benar. Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membunuh hama pada tanaman. di mana pestisida tersebut masih menempel di produk makanan yang akan kita makan.

perasa buatan, Benar. pewarna buatan, termasuk bahan pengawet, pemanis buatan, Salah satu aturan yang paling ditekankan dalam produk organik adalah produk organik dilarang mengandung bahan-bahan buatan tambahan lainnya, dan MSG.

Saat ini di Indonesia, baru 40%, , dan hanya 20% yang tersertifikasi secara nasional.Di Indonesia sendiri, lembaga yang berwenang untuk menyertifikasi produk organik adalah Lembaga Sertifikasi Pangan Organik (LSPO). Untuk memastikan apakah makanan yang dijual di supermarket benar-benar organik atau tidak, Anda bisa mengecek sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Organik (LSO) baik secara nasional ataupun intenasional pada kemasan.

Belilah juga variasi buah dan sayur yang berbeda-beda supaya Anda mendapatkan nutrisi yang lengkap untuk tubuh Anda, Disarankan untuk membeli produk organik yang memiliki label sertifikasi karena hal itu lebih meyakinkan bahwa produk tersebut adalah produk organik. perhatikan baik-baik label yang tertera pada kemasan. Setiap membeli produk organik, karena setiap satu buah atau satu sayur tidak mengandung seluruh nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.