Gamboa bersama fotografer Orly Even dari VICE Indonesia menampilkan sederetan foto-foto dari Jambore Vespa Gembel di Bali. kontributor S. Untuk berbagi momen ajaib jambore Vespa gembel kepada kalian sama,
kamu langsung dianggap bagian keluarga besar Vespa. Asal kamu mengendarai salah satu varian motor 98 CC buatan Piaggio, tak ada batasan bagi siapapun yang ingin bergabung dalam komunitas Vespa. Selain itu, Siapapun bisa mengubah skuter rongsokan reyot dari era 1970-an jadi sebuah tunggangan yang sangat unik. batas dalam mendalami vespa gembel hanya imajinasi. Karena itulah, suku cadang juga tetap mudah didapatkan. Berkat kekompakan komunitas vespa, masih terjangkau oleh kebanyakan orang. Vespa bekas dari dekade 70 atau 80-an bisa ditebus seharga Rp700 ribu, Salah satu faktor pendukung popularitas vespa gembel adalah murahnya ongkos menjalani hobi semacam ini.
pasti lebih dari ribuan vespa gembel melaju di atas jalanan Tanah Air. Yang jelas, Angka perkiraan pengguna vespa kumuh semacam itu di seluruh Indonesia juga sulit ditaksir. walau mungkin perkembangan signifikan bisa tercatat pada awal 90-an. Sampai sekarang belum jelas kapan budaya vespa gembel mulai berkembang massif di Indonesia,
Kemungkinan modifikasi yang betul-betul tanpa batas. serta vespa hasil kanibal dari kendaraan lain yang betul-betul beratmosfer post-apocalyptic. vespa penuh ornamen tulang hewan, Kami juga bertemu vespa yang sekilas mirip penjara bambu, Ada satu vespa gembel dalam jambore ini memiliki 20 roda serta semua joknya diganti dudukan kayu. Modifikasi unik bakal kita saksikan sejauh mata memandang. Setiap pemilik berusaha mengubah tunggangannya menjadi lebih kumuh dan lebih gila daripada rekan-rekan lainnya. modifikasi ini mencapai titik esktrem. Dalam jambora vespa gembel yang kami datangi, sesuai daerah asal pengendara masing-masing. serta sentuhan lokalitas, Para pemilik mengendepankan semangat modifikasi DIY,
Bagaimanapun vespa rongsok ini memang memiliki estetika unik tersendiri. vespa gembel tetap bertahan dan malah menarik fanatik-fanatik generasi baru. Digencet otoritas seperti itu,
belasan vespa gembel pernah dihancurkan. sedangkan di Depok, Polrestabes Surabaya resmi melarang vespa gembel beredar di jalanan, Sudah berulang kali pemilik vespa kumuh ditilang. Polisi Indonesia bahkan sangat memusuhi vespa gembel. Vespa Gembel (sebagian lebih nyaman menjulukinya vespa sampah atau vespa anker) bisa dibilang Frankestein bidang otomatif: mereka tidak didukung dan diakui oleh banyak kalangan—bahkan mungkin oleh pabrikan Vespa—tapi eksistensinya tak bisa dinafikan.
tampilan vespa gembel akan mengingatkan mereka pada kendaraan manusia pascakiamat yang muncul di cerita tersebut. Sebab bagi penikmat film barat, Acara kumpul-kumpul itu mengubah lapangan Tukadaya menyerupai setting film Mad Max. Bali. Jembrana, ratusan pengendara Vespa gembel menggelar jambore di Desa Tukadaya, Akhir tahun lalu,
komunitas penggemar Vespa Gembel dikenal sangat kompak di jalanan. Terlepas dari penampilannya, Skuter tersebut kadang diberi ornamen sampah dan barang rongsokan lainnya supaya menjadi lebih kumuh. Vespa yang bisa menggambarkan gaya hidup antikemapanan secara paripurna. hingga metalhead termasuk ceruk penggemar Vespa Gembel. rastafarian, Komunitas punk, Itu adalah sebutan untuk skuter Vespa yang dimodifikasi menjadi sebobrok mungkin tampilannya. tak ada yang mengekspresikannya lebih ekstrem dibanding komunitas Vespa Gembel. Dari semua jenis pecinta Vespa, Vespa selalu menempati sudut tersendiri dalam hati pecinta otomotif di Tanah Air. memiliki segmen penggemar fanatik di Indonesia. Italia, Skuter merek Vespa dari pabrikan Piaggio,
Source: VICE
EmoticonEmoticon
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.