Biz&Tech - Beli Smartphone, Berapa Besaran RAM yang 'Ideal' Tahun 2017?

Jannet 05.41
Beli Smartphone, Berapa Besaran RAM yang 'Ideal' Tahun 2017?
Pentingkah RAM besar di smartphone kita? Berapa besaran RAM yang 'ideal' untuk smartphone 2017? Simak yuk!

Tahun lalu, Snapdragon 820/821 hanya mendukung RAM hingga 6 GB. Sebaliknya, Snapdragon 835 mendukung RAM hingga sebanyak 8 GB. Artinya, kapasitas RAM naik 33% tahun ini.

Source: Jalantikus.com

Perumpamaannya gini deh. Kamu akan berlibur dengan naik pesawat. Orang-orang atau penumpang adalah file yang ada di memori internal, rumah mereka ada yang dekat dan ada pula yang jauh dari bandara.

Nah, sebagian kapasitas RAM telah digunakan oleh OS Android itu sendiri. Saat multitasking, file aplikasi juga berada di RAM. Itu sebabnya pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya begitu mulus. Tapi pada smartphone dengan RAM pas-pasan, sistem akan membebaskan RAM secara otomatis. Itu sebabnya ketika kamu beralih antar aplikasi, loading-nya lama.

Beli Smartphone, Berapa Besaran RAM yang 'Ideal' Tahun 2017?
Ram

Bandara adalah RAM-nya yang menampung banyak penumpang (file), dan pesawat itu sendiri adalah prosesor. Bayangkan, jika tidak ada bandara (RAM). Artinya, setiap kali prosesor mengakses file, pesawat harus menjemput penumpang satu per satu. Lalu, kapan sampai tujuannya?

Memahami RAM

RAM bukan satu-satunya yang menjadi faktor kecepatan pemrosesan, tapi RAM cukup berperan penting dalam kecepatan dan kemampuan hardware dari sebuah smartphone.

Jadi kenapa masih butuh memori internal? Kenapa nggak pakai RAM saja biar segalanya cepat tanpa lemot? Soalnya itu tidak mungkin. Masih ada beberapa kendala, seperti biaya pembuatan RAM yang mahal dan fakta bahwa prosesor juga punya batasan menangani sampai jumlah tertentu. Meskipun begitu, RAM besar selalu lebih baik.

Kenapa RAM Begitu Penting?

Beli Smartphone, Berapa Besaran RAM yang 'Ideal' Tahun 2017?
Android Nougat Multi Window

Jadi, tren smartphone flagship Android tahun ini akan menggunakan chipset Snapdragon 835 berpadu RAM 6 GB atau 8 GB. Sementara, RAM 4 GB adalah tren tahun lalu dan mulai digunakan oleh smartphone kelas menengah.

Pada tahun 2017, sebagian besar smartphone flagship kemungkinan menggunakan chipset yang sama, yakni Snapdragon 835.

Contoh lagi, misalnya ketika kamu membuka aplikasi atau game pertama kali ternyata dibutuhkan waktu 31 detik. Tapi, ketika kamu membuka kedua kalinya, cuma 26 detik. Itu karena file aplikasi atau game sudah berada di RAM. Intinya, RAM adalah faktor yang paling penting saat kamu mulai melakukan multitasking atau membuka banyak aplikasi sekaligus.

Bicara soal smartphone dengan RAM besar, saat ini RAM yang ada sudah mencapai 6 GB. Mungkin tahun ini kita akan melihat smartphone dengan RAM 8 GB. Jadi muncul pertanyaan nih, berapa banyak RAM yang harus dimiliki ketika ingin membeli smartphone di tahun 2017?

RAM 1 GB harusnya sudah ditinggalkan, digantikan dengan RAM 2 GB pada smartphone entry-level di bawah Rp 1 jutaan. Sementara, smartphone Android murah berkualitas dengan harga Rp 2 jutaan ke atas sebaiknya sudah menggunakan RAM 3 GB. Bagaimana pendapat kamu?

Beli Smartphone, Berapa Besaran RAM yang 'Ideal' Tahun 2017?
Smartphone Flagship 2016

Pentingkah RAM Besar di Smartphone Kita?

Berapa Banyak RAM yang Harus Dimiliki Tahun 2017?

Dari tahun ke tahun, spesifikasi smartphone terus meningkat, dan salah satu yang terpenting ialah kekuatan pemrosesannya. Mulai dari prosesor yang digunakan, besarnya penyimpanan internal, dan juga RAM.

Jadi intinya, RAM atau Random Access Memory pada smartphone adalah agar prosesor dapat memproses data dengan cara yang paling efisien dan secepat mungkin.

Nah, RAM juga disebut sebagai memori yang berada tepat di antara penyimpanan internal dan prosesor.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.