Entertainment - 6 Seleb Cewek Yang Berhasil Mematahkan Stereotype Cewek Korea

Jannet 05.41
 6 Seleb Cewek Yang Berhasil Mematahkan Stereotype Cewek Korea
(CL)

“Semasa SMP aku sangat gemuk karena aku suka sangat daging. Ketika aku tampil bernyanyi di acara sekolah aku banyak dicela. Aku sampai sedih dan nangis. Terus aku ngeliat video Beyonce yang bisa nyanyi dan tampil seperti itu. Aku bilang pada diri sendiri aku ingin seperti dia. Dengan itu aku mulai bekerja keras dan berolah raga dan berangkat ke Seoul,” kenang Hwasa. Sampai sekarang pun Hwasa masih menjadikan Beyonce sebagai role modelnya.

Dikenal sebagai cewek tomboi dan senang bergaya androgyny, Amber paling sering mendapat komentar atau kritikan soal penampilannya ini. Mulai dari rambutnya yang pendek hingga kebiasaannya yang bergaya seperti cowok. “Aku sering mendengar orang bilang aku bergaya seperti cowok dan aku harus lebih cewek. Tapi aku hanya ingin fokus untuk melakukan hal-hal yang ingin aku lakukan dan menikmati waktu aku bersama fans yang menghargai aku apa adanya.”

Lee Soo Hyun 'AKMU'

 6 Seleb Cewek Yang Berhasil Mematahkan Stereotype Cewek Korea
(Amber Liu)

Rapper cewek ini lahir dari ayah yang African America dan ibu yang Korea. Dia memiliki kulit yang lebih gelap dibandingkan orang Korea pada umumnya. Ini juga yang membuat disering dibully karena warna kulitnya. Cewek yang dikenal juga dengan nama Natasha Shanta ini sering mendapatkan perlakukan diskriminasi karena latar belakang keluarga, penampilan dan warna kulitnya.

Lee Gook Joo

CL juga bilang kalau banyak fansnya cewek dan mereka ingin lebih berani tapi enggak ada yang jadi panutan. “ Enggak ada orang disini yang mau melakukannyadan aku merasa aku sudah cukup melakukannya untuk (cewek) Asia dan merubah beberapa cewek.”

 6 Seleb Cewek Yang Berhasil Mematahkan Stereotype Cewek Korea
Lee Gook Joo

Banyak cewek yang berlomba-lomba memperbaiki penampilannya lewat operasi plastik tapi enggak begitu dengan Lee Soo Hyun. Bersama kakakya, Lee Chan Hyuk yang tergabung dalam Akdong Musician, mereka malah menolak sama sekali operasi plastik. Ketika menandatangi kontrak dengan YG Lee Soon Hyun dan kakaknya bilang kalau dia enggak mau melakukan operasi plastik. Secara bercanda Soo Hyun pernah bilang juga kalau dia sering merasa terbebani dengan bentuk hidungnya. Tapi ini enggak membuat Soo Hyun untuk merubah bentuk hidungnya. 

Source: CewekBanget.Id

 6 Seleb Cewek Yang Berhasil Mematahkan Stereotype Cewek Korea
Lee Soo Hyun

CL

Cewek Korea diharapkan tampil innocent, pure dan cute. Kalau cewek yang fierce dianggap bukan cewek keren dan dianggap terlalu agresif dan enggak akan disukai. Tapi berbeda dengan CL. Cewek ini enggak takut tampil fierce dan menunjukan dirinya adalah cewek yang kuat. Lirik-lirik dari lagu yang dinyanyikannya sering menyerukan soal stereotipe diberikan pada cewek. “Cewek di Asia itu penurut, malu-malu dan tenang. Tapi aku bisa bilang sekarang udah berubah. Aku ingin mereka menjadi cewek yang lebih kuat dan enggak masalah kalau kita berbeda. Being special is luxury and I don’t think we have that. Yet.” 

 6 Seleb Cewek Yang Berhasil Mematahkan Stereotype Cewek Korea

Sempat juga ada orang yang berkomentar pedas soal penampilannya di Instagram dan bertanya , ‘kapan kamu akan jadi cewek?’ Membaca komentar itu Amber segera memposting jawabannya di Instagram. “ “Aku ini cewek! Cewek itu bisa jadi apa saja yang dia mau. Cobalah sedikit berpikiran terbuka. Kamu enggak bisa cuek dengan diskriminasi. Kamu harus memperbaikinya.”

Yoon Mi Rae

Jarang banget ada seleb cewek yang bertubuh besar dan curvy seperti Lee Gook Joo. Makanya begitu komedian ini tampil menjadi sampul cover majalah W di Korea, banyak orang yang protes dan mempertanyakannya. Menanggapi soal bentuk tubuhnya, Gook Joon bilang, “ Kamu harus belajar mencintai dirimu sendiri. Aku mungkin enggak cantik tapi aku berusaha untuk punya kharisma. “ Dia juga bilang kalau sekarang dia suka lebih pede dengan tubuhnya. “Baru sekarang ini saja aku menyukai tubuhku. Karena itu juga aku jadi lebih percaya diri dan aku tahu aku orang yang bisa membuat orang lain tertawa karenanya.”

 6 Seleb Cewek Yang Berhasil Mematahkan Stereotype Cewek Korea
Yoon Mi Rae

Hwasa Maamoo

Standar kecantikan dan kesempurnaan yang ditujukan pada cewek selalu tinggi dan enggak masuk akal. Ini juga yang menjadi beban bagi kita sebagai cewek. Dan pada akhirnya kita enggak bahagia dan selalu mengkritik diri sendiri. Begitu pula yang terjadi di Korea. Sebagai masyarakat homogen, semuanya orang nyaris penampilannya sama. Kalau ada yang terlihat berbeda sedikit saja, akan jadi bahan omongan dan dikritik secara pedas. Standar kecantikan cewek di Korea sangat tinggi dan boleh dibilang sempit. Cewek itu harus tampil cute dan lugu tapi juga bisa sedikit seksi, berambut hitam lurus dan panjang, punya bentuk muka yang kecil dengan dagu runcing.  

“Aku mengalami diskriminasi dari dua belah pihak. Di Amrik aku dianggap kurang hitam, di Korea mereka memanggil aku Yankee. Di SD dan SMP aku selalu diejek sebagai setengah Korea dan orang selalu ngeliatin aku. Rasanya sulit banget. Kadang para stylist mencoba mendadani aku agar terlihat lebih Korea. Belangkangan setelah musik Afrika-Amerika jadi trend, mereka baru menerima warna kulit gelapku,”kenang Mirae yang banyak menuangkan amarahnya pada lagu.

 6 Seleb Cewek Yang Berhasil Mematahkan Stereotype Cewek Korea
Hwasa Maamoo

Member Mamamoo ini sering mendapatkan kritikan karena penampilan dan bentuk tubuhnya yang enggak sesuatu dengan standar cewek Korean. Vokalis dan rapper ini sejak SMP udah suka bernyanyi dan tampil di acara sekolah.

Tapi ada beberapa seleb cewek di Korea yang berani keluar dan mendobrak stereotipe itu. Baik dalam hal penampilan fisik atau pun dalam hal keberanian dan sikap mereka, para seleb cewek itu berhasil melakukan hal yang beda. Mereka enggak takut menerima kritikan atau judgment dari masyarakat yang mencap mereka negatif hanya karena mereka enggak sesuai dengan stereotipe cewek Korea yang selama ini banyak dianggap mesti diikuti. Ini dia 6 seleb cewek keren yang berhasil mematahkan stereotype cewek Korea:

Amber Liu f(x)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.