™ Ada 10 Planet Baru Mirip Bumi Manusia Tak Sendirian,

Jannet 04.59
Manusia Tak Sendirian, Ada 10 Planet Baru Mirip Bumi
Gambar planet Kepler-452b mirip Bumi hasil rekaan artis (REUTERS/NASA/Ames/JPL-Caltech/T. Pyle/Handout)

sedangkan planet berukuran 3,5 kali Bumi cenderung mirip dengan Neptunus yang didominasi dengan gas.  Tim Kepler menemukan planet yang ukurannya 1,75 kali dari Bumi dan lebih kecil dari itu cenderung sebagai planet solid,

Perbedaan tersebut akan membantu ilmuwan NASA dalam mendalami planet mirip Bumi dan peluang kehidupan luar Bumi lainnya.  Data yang diberikan Kepler memberikan cara baru menilai apalah planet punya permukaan solid seperti Bumi atau mayoritas adalah gas seperti Neptunus.

Hasil pengamatan Kepler itu bisa menjawab peluang bagaimana potensi dan peluang adanya kehidupan di luar Bumi.  NASA meluncurkan teleskop Kepler pada 2009 untuk mempelajari planet mirip Bumi.

ilmuwan mengonfirmasi setidaknya ada 3500 planet di luar Tata Surya.  Sedangkan data teleskop pengamatan antariksa lain,

dengan 30 di antaranya telah diverifikasi.  sekitar 50 planet pada zona layak huni ukurannya mirip Bumi, 2335 telah diverifikasi sebagai planet luar Tata Surya, Dari jumlah total tersebut, maka kini jumlah planet yang telah diidentifikasi teleskop Kepler mencapai 4034 kandidat planet dalam misi observasi empat tahun. Dengan temuan baru tersebut, Temuan ratusan planet tersebut merupakan pengumuman katalog yang paling rinci dan komprehensif soal planet di luar Tata Surya dari teleskop Kepler.

Selasa 20 Juni 2017.  Mario Perez dalam pengumuman temuan tersebut dikutip dari The Guardian, Mungkin hari ini teleskop Kepler memberitahu kepada kita secara tak langsung bahwa kita tak sendirian," jelas ilmuwan program Kepler, "Sebuah pertanyaan penting bagi kita yaitu apakah kita sendirian (di alam semesta)?.

Temuan itu membuat peneliti NASA bertanya-tanya tentang eksistensi kehidupan di luar Bumi.  maka ilmuwan NASA meyakini bisa menjadi tempat kehidupan di luar Bumi. Jika benar ada air di 10 planet tersebut, 10 planet baru tersebut terletak pada posisi yang berpotensi memiliki air.

yang mana 10 di antaranya punya ukuran dan suhu mirip Bumi.  teleskop tersebut menemukan setidaknya ada 219 kandidat planet baru, Dalam pengamatan lebih dari 200 ribu sampel bintang di konstelasi Cygnus. VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mengumumkan hasil temuan dunia luar Bumi yang dihasilkan dari pengamatan teleskop Kepler.


Source: VIVA.CO.ID

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.