Ini Kunci Keberhasilan Saviola Bermain di Barcelona

Jannet 09.41
Javier Saviola (c) AFP
Penyerang asal Argentina, Javier Saviola, mengatakan ia bisa saja jadi tak berani keluar dari ruang ganti klub jika ia memikirkan tentang tekanan bermain bagi Barcelona.

Bola.net - Penyerang asal Argentina, Javier Saviola, mengatakan ia bisa saja jadi tak berani keluar dari ruang ganti klub jika ia memikirkan tentang tekanan bermain bagi Barcelona.
Saviola ditransfer oleh Barcelona dari klub raksasa Argentina, River Plate, pada tahun 2001 silam. Saat itu, nilai transfernya dikabarkan bernilai sekitar 18 juta Euro.
Di musim perdananya, pemain mungil nan lincah ini tampil impresfi. Ia sukses melesakkan 21 gol di semua ajang kompetisi. Namun lama-kelamaan kesempatan bermainnya di klub tersebut menjadi kian terbatasi sebelum ia akhirnya dipinjamkan ke AS Monaco dan Sevilla sebelum akhirnya hijrah ke Real Madrid pada tahun 2007.
Saviola kini mengungkapkan rahasia mengapa ia bisa cukup sukses di sana, di usia yang saat itu tergolong sangat muda. Ia mengatakan bahwa ia tak memikirkan sama sekali nilai transfer maupun sejarah Blaugrana.
"Karena saya begitu muda, saya rasa saya tidak pernah menyadari tentang tempat yang saya tuju," buka pria 35 tahun ini kepada Omnisport.
"Saya tidak pernah menyadari bahwa saya berada di klub yang begitu besar dan jumlah uang yang telah dibayarkan untuk saya, atau bahwa saya akan mulai bermain di Camp Nou yang terisi penuh," ujar Saviola.
"Saya diuntungkan dari fakta bahwa saya tidak pernah menginternalisasikan semua ini. Mungkin jika saya berpikir tentang uang yang telah dibayarkan, atau stadion yang penuh penonton, atau bahwa saya adalah bagian dari klub dengan sejarah luar biasa, maka saya tidak akan berani meninggalkan ruang ganti!" serunya.
Selama bermain bagi Barca, ia telah tampil sebanyak 161 kali di semua ajang dan mencetak 67 gol dan delapan assist. Di sana ia juga sempat memenangkan trofi Supercopa de Espana dan menjadi runner-up Piala Super Eropa.
 (omni/dim)

Source: bola.net

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.